3/06/2009

Lomba Robot ( LTRC )


LTRC4 adalah Perlombaan Line Tracking Robot Competition IV Perguruan Tinggi untuk Tingkat Nasional
Merupakan acara perlombaan Line Tracking Robot Competition IV Tingkat Nasional yang dihadiri oleh undangan dan peserta mahasiswa Perguruan Tinggi.

Pelaksanaan,
Hari/Tanggal : Kamis, 23 April 2009
Waktu : Pukul 08.00 WIB – Selesai.
Tempat : Gedung Auditorium Ir. Pietoyo Sukarbowo
Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta
Jalan Babarsari No. 1, Depok, Sleman - Yogyakarta

LTRC atau kompetisi robot penjejak garis merupakan ajang lomba kreatifitas dalam bidang elektronis, dimana setiap robot akan bergerak secara otomatis dengan mengikuti line atau garis yang sudah dibuat sesuai konsep LTRC pada umumnya.
Robot penjejak garis merupakan salah satu aplikasi dari mata kuliah yang didapatkan dalam perkuliahan, seperti mata kuliah Robotika, Mikrokontroler, Elektronika, Teknik Kendali, dan lainya. Dengan adanya LTRC maka diharapkan dapat menggugah pemikiran kreatif dan inovatif yang mempunyai nilai jual dalam bidang teknologi robot pada umumnya dan pengaplikasian teori yang didapat dari perkuliahan ke dalam dunia kerja. Secara aplikatif robot penjejak garis dapat dikembangkan menjadi alat teknologi yang berguna bagi masyarakat dan perusahaan. Misal membuat robot penjinak bom, robot untuk membantu manusia dalam pekerjaan yang berbahaya seperti di daerah limbah beracun, dan robot lengan yang biasa digunakan dalam pabrik perakitan mobil.

LTRC 2009 ini adalah LTRC IV, dimana LTRC pertama telah terlaksana dengan baik meskipun dalam ruang lingkup STTNAS. Melihat antusiasme yang besar terhadap event-event semacam ini, maka LTRC II diadakan se-DIY, dan LTRC III se-Jawa dan Bali. Dari pengalaman LTRC yang sudah dilaksanakan dan untuk lebih memasyarakatkan teknologi robotika, maka kami selaku panitia LTRC IV dan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro serta Himpunan Mahasiswa Jurusan yang ada di kampus STTNAS akan menggelar lomba robot penjejak garis tingkat Nasional, yang mana LTRC IV ini akan memperebutkan Trophy Presiden R.I.

Dari event-event seperti LTRC inilah diharapkan munculnya sosok mahasiswa/i yang professional dan inovatif dalam berkompetisi dan berkarya dalam pengembangan teknologi di Yogyakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya serta memberikan manfaat bagi kemajuan teknologi di era globalisasi dunia.

Informasi lebih lanjut silakan link ke http://ltrc4.sttnas.ac.id
Untuk peraturan lomba silakan download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar