2/28/2009

Dasar Sisitem Kendali

Artikel ini merupakan sebagian kecil pendahulyan materi kuliah Dasar Sistem Kendali yang didapat pada Perkuliahan. Langsung aja key. :)

Istilah sistem berasal dari bahasa YUNANI, yaitu : “SYSTEMA”, yang mengandung arti keseluruhan yang tersusun dari sekian banyak bagian yang berarti pula hubungan yang berlangsung diantara satuan-satuan atau komponen-komponen secara teratur.
Sistem didefinisikan sebagai sekumpulan bagian yang mempunyai kaitan satu sama lain yang bersama-sama beraksi menurut pola tertentu terhadap suatu INPUT atau masukan dengan tujuan menghasilkan output atau keluaran. download disini

Istilah sistem dipergunakan antara lain untuk menunjukkan suatu himpunan bagian, ide-ide, prinsip, hipotesis, teori, metode, tata cara (prosedur) atau skema dan lain-lain.
Secara garis besar istilah sistem mengandung dua makna, yaitu : sebagai suatu wujud benda dan sebagai metode.
Sebagai METODE : sistem dikenal dengan pendekatan sistem yang pada dasarnya merupakan penerapan metode ilmiah dalam pemecahan masalah.
Sebagai WUJUD BENDA : sistem dapat didefinisikan sebagai suatu sistem tertentu yang menunjukkan unsur-unsur sistem, tujuan sistem, kegiatan yang dilakukan sistem untuk mencapai tujuan dan apa yang diproses oleh sistem itu serta apa hasilnya beserta ukuran keberhasilan pemrosesan tersebut

CIRI-CIRI SISTEM
Dari berbagai rumusan, ciri-ciri pokok sistem itu dengan ditambah dari berbagai sumber lain, maka dapat diasumsikan ciri-ciri pokok sistem tersebut sebagai berikut :
• Bahwa setiap sistem mempunyai tujuan.
• Setiap sistem mempunyai batas yang memisahkan dari lingkungannya, tetapi sistem itu bersifat terbuka dalam arti berinteraksi juga dengan lingkungannya.
• Suatu sistem terdiri dari beberapa sub sistim yang biasa pula disebut : bagian, unsur atau komponen.
• Terdapat saling berhubungan dan saling ketergantungan baik dalam sistem maupun antara sistem dengan lingkungannya.

Mau lebih lengkapnya clik download disini

1 komentar:

  1. bang trims buat download nya
    materinya ada semua jd gak harus nyatat

    riska

    BalasHapus